cool hit counter

Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Karanganyar - Persyarikatan Muhammadiyah

 Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Karanganyar
.: Home > Berita > Muhammadiyah Karanganyar Berangkatkan Tim Medis-Rescue Ke Lombok dan Menghimpun Pembalut Wanita/Anak

Homepage

Muhammadiyah Karanganyar Berangkatkan Tim Medis-Rescue Ke Lombok dan Menghimpun Pembalut Wanita/Anak

Senin, 13-08-2018
Dibaca: 84

 

KARANGANYAR - Bencana gempa bumi di Lombok Nusa Tenggara Barat (NTB) membangkitkan semangat solidaritas dan kepedulian sosial dari sebagian besar anak bangsa atas kesulitan dan dampak bencana yang dialami. Pun dengan Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Karanganyar, setelah memberikan instruksi penggalangan dana melalui Lembaga Amil Zakat Infaq Shadaqah (Lazismu) PDM Karanganyar Ahad (12/08) memberangkatkan relawan dari  LPB/MDMC menuju Lombok NTB.

 

Pemberangkatan relawan peduli Lombok dilakukan oleh ketua PDM Kabupaten Karanganyar Muh. Samsuri disaksikan oleh peserta Rakor Triwulan Muhammadiyah Karanganyar bertempat di SMP Muhammadiyah 8 Kebakkaramat. Didampingi jajaran pleno PDM dan Forkompinca Kecamatan Kebakkramat Muh. Samsuri melakukan pelepasan relawan dengan doa dan pengibasan bendera Muhammadiyah.

 

Ketua Lembaga Penanggulangan Bencana (LPB)/MDMC PDM Karanganyar Aditya Nur Cahyanto, ditemmui disela-sela acara Rakor Triwulan sekaligus pemberangkatan relawan mengatatkan jika saat ini yang diberkangkatkan adalah tim angkatan pertawa dari Muhammadiyah Karanganyar.

 

“Ini tim pertama berjumlah 5 orang, yang nantinya akan menyusul tim kedua yang masih dikoordinasikan dengan Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Provinsi Jawa Tengah. Yang berangkat saat ini merupakan tim medis dan rescue, nantinya yang kedua adalah tim psykologis dan logistic.” Kata Aditya yang juga Direktur RS PKU Muhammadiyah Karanganyar ini.

 

Aditya juga menambahkan jikwa tim yang berangkat menggunakan mobil ambulance dengan perjalanan darat ini juga membawa obat-obatatan yang kemungkinan sangat dibutuhkan dilokasi bencana.

 

Terpisah ditemui di lokasi Rakor Triwulan juga ketua Lazismu PDM Karanganyar Munfarid menjelaskan terkait dengan penghimpunan dana kemanusiaan daribawah koordinasinya dan rencana pemberian bantuan lanjutan kepada masyarakat terdampak di Lombok NTB.

 

“Sampai dengan hari Ahad (12/08) ini Lazismu Daerah bersama kantor-kantor layanan Lazismu PCM, PRM, Ortom maupun AUM sudah mengumpulkan donasi  sebesar Rp. 252.262.300,- diamana sejumlah 50 juta sudah kita kirimkan ke Lazismu PWM Jawa Tengah untuk diteruskan ke pusat, saat ini pengumpulan donasi masi berjalan. Alhamdulillah respon dan kepedulian warga Muhammadiyah Karanganyar sangat bagus kepedulian kepada sesama yang terkena bencana, di Jawa Tengah Lazismu Karanganyar saat ini menjadi pengumpul dan donatur terbesar untuk gempa Lombok ini” Kata Munfarid yang juga Kepala SMA Muhammmadiyah 1 Karanganyar ini.

 

Untuk program donasi lanjutan pihak Lazismu PDM Karanganyar menurut Munfarid saat ini juga sedang menggalang bantuan berupa barang secara langsung. “Kita hanya batasi dan focus pada barang (inatura) dalam bentuk pembalut, pempers, selimut. Kenapa hanya itu focusnya karena hal-tersebut kadang tidak terpikirkan oleh para donatur yang kadang datang kelokasi semua membawa makanan yang kadang jadi mubadzir dan rusak (membusuk, kadaluwarsa, Red.)”.

 

“untuk bantuan barang ini nantiya akan kita kirimkan langsung dari Lazismu PDM Karanganyar ke lokasi di Lombok NTB, tidak harus disatukan lewat Wilayah dan Pusat sebagaimana penghimpunan bantuan uang yang sudah berproses” kata ketua Lazismu yang mempunyai motto “lebih baik membantu daripada dibantu lebih baik memberi dari pada diberi agar terhindar dari bencana daripada kena benacana”. (MPI PDM Kra-JOe).


Tags:
facebook twitter delicious digg print pdf doc Kategori:



Arsip Berita

Berita

Agenda

Pengumuman

Link Website