Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Karanganyar - Persyarikatan Muhammadiyah

 Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Karanganyar
.: Home > Berita > Dikukuhkan Pengurus KBIH Zam-Zam PDM Karanganyar periode tahun 2016-2020.

Homepage

Dikukuhkan Pengurus KBIH Zam-Zam PDM Karanganyar periode tahun 2016-2020.

Jum'at, 04-11-2016
Dibaca: 1081

 

Karanganyar, Jum’at (04/11/2016) – Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Karanganyar melakukan regenerasi kepengurusan Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) Zam-Zam yang merupakan salah satu  Amal Usaha Muhammadiyah (AUM) periode kepengurusan tahun 2016-2020 bertempat di Aula Gedung Dakwah Muhammadiyah Karanganyar jum’at malam (04/11).

 

Sesuai dengan Surat Keputusan PDM Karanganyar no. 493/KEP/III.O/D/2016 tertanggal 28 Oktober 2016 M / 27 Muharram 1438 H Perihal Penetapan Pengurus Kelompok Bimbingan Ibadah Haji Zam Zam Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Karanganyar Masa Jabatan 2016-2020, maka terjadi pergantian personalia kepengurusan khususnya Ketua KBIH dari Drs. H. Abdul Mu’id, MM., kepada H. Zainal Arifin, S.Ag., S.THI., MA., M.PdI. Selanjutnya ketua lama menempati pos baru Penasihat dan Pengarah KBIH, adapun jumlah pengurus yang dikukuhkan sejumlah 23 orang yang merupakan kombinasi pengurus lama dengan orang-orang baru.

 

Acara Pelantikan/Pengukuhan dilaksanakan dalam bentuk seremonial resmi organisasi yang diawali dengan pembacaan ayat suci Al Qur’an oleh Ustadz Muhammad Yusran, S.Ag., menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Sang Surya serta pembacaan do’a oleh Drs. Ngadino, M.Ag., sebelum prosesi pelantikan pengurus oleh ketua PDM Karanganyar Drs. H. Muh. Samsuri, M.SI.

 

Dalam sambutan tunggal setelah pelantikan, ketua PDM menyampaikan terima kasih kepada Drs. H. Abdul Mu’id, MM., yang telah lama dengan tekun mengelola dan mengembangkan KBIH Zam Zam. “....... pada periode beliau ini KBIH Zam Zam mendapatkan legalisasi SK KBIH dari Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Tengah” kata Muh. Samsuri.

 

“......... kami (PDM) masih tetap meminta kepada pak Mu’id untuk tetap berkenan ikut membesarkan KBIH ini sebagai salah satu pengabdian ibadah kepada calon haji maupun para haji alumni KBIH Zam Zam untuk tetap memlihara hajinya agar tetap mabrur”.

 

Kepada pengurus baru Drs. H. Muh. Samsuri, M.SI., menyampaikan bahwa seremonila pelantikan ini diharapkan bisa menjadikan bentuk penghargaan kepad pengurus sekaligus sebagai media tibulnya kesadaran akan pentingnya amanah dan tanggung jawab. Ketua PDM Juga meningatkan bahwa KBIH Zam Zam dengan susah payah diririkan pada tahun 2008 oleh Alm. H. Abid Maksum.

 

Diminta kepada pengurus jangan hanya sekedar memberikan bimbingan ibadah haji yang mestinya mengacu kepada tatacara ibadah haji sebagaimana diterbitkan oleh Majelis Tarjih PP Muhammadiyah yang insya Allah sdh sesuai fikih dan tuntunan sebgaimana hadist dan Al Qur’an, pengurus juga diminta untuk melakukan interaksi atas feedback dari para jama’ah apa yang dibutuhkan dalam beribadah. Jangan hanya melulu tentang ibadah haji, tapi jama’ah itu banyak hal yang dibutuhkan antara lain tentang baca Qur’an yang benar, tata cara ibadah sholat, dzikir dan lain-lain yang tentunya akan menjadikan ibadah di tanah suci kelak lebih mantap dan sesuai tuntunan.

 

Yang lebih penting daripada itu, menurut pak Samsuri adalah pasca ibadah haji bagaimana KBIH bisa membant menjaga kemabruran haji para alumni KBIH Zam Zam. “...... jangan dilepaskan dan dibiarkan saja, adakan pertemuan secara berkala n rutin untuk mempertebal dan menambah semangat beribadah yang biasanya menurun sepulang dari ibadah haji.

 

Bahwa jumlah alumni KBIH Zam Zam PDM Karanganyar yang sudah mencapai sekitar 1000 jama’ah ini harus dimanfaatkan menjadi ladang ibadah para pengurus KBIH. Mengakhiri sambutan ketua PDM Karanganyar. (MPI PDM Kra – JOe).


Tags:
facebook twitter delicious digg print pdf doc Kategori:



Arsip Berita

Berita

Agenda

Pengumuman

Link Website